KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada
kami sehingga makalah, “Hardware dan Software Komputer” ini dapat diselesaikan.
Makalah ini merupakan salah satu
tugas mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP kelas VIII
semsester I.
Dalam kesempatan ini kami
menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada
semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan, bimbingan dan arahan
kepada penyusun.
Ucapan terima kasih dan penghargaan
tersebut kami sampaikan kepada :
1. Guru Mata Pelajaran TIK kelas VIII,
2. Teman-teman kelas VIII SMPN 2, dan
3. Kedua orang tua kami tercinta yang
telah memberi dorongan dan semangat sehingga laporan ini dapat diselesaikan.
Dalam makalah ini kami menyadari
masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran dan kritik guna perbaikan
dan kesempurnaan sangat kami nantikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat
khususnya bagi penyusun dan para pembaca pada umumnya.
Penyusun,
DAFTAR ISI
DAFTAR
ISI ……………………………………………………………...
|
i
|
||
KATA
PENGANTAR …………………………………………………....
|
ii
|
||
BAB
I
|
PENDAHULUAN
……………………………………….
|
1
|
|
A. Latar Belakang Masalah ……………………………
|
1
|
||
B. Tujuan ………………………………………………...
|
1
|
||
C. Sistematika ……………………………………………
|
2
|
||
BAB
II
|
PEMBAHASAN
………………………………………...
|
3
|
|
A.
Hardware ..……..…………………………………….
|
3
|
||
B.
Software ………………...………..…………………..
|
4
|
||
C.
Etika dan Moral dalam Menggunakan
TIK ………
|
6
|
||
D.
Berinteraksi dengan Komputer …………………….
|
7
|
||
BAB
III
|
PENUTUP
……………………………………………….
|
8
|
|
A. Kesimpulan …………………………………………..
|
8
|
||
B. Saran
………………………………………………...
|
8
|
||
DAFTAR
PUSTAKA …………………………………………………….
|
9
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara umum
adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kemajuan teknologi dengan
pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi (RISTEK, 2006). Tercakup dalam definisi tersebut adalah semua
perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer
maupun telekomunikasi. Istilah TIK atau Information and Communication
Technology (ICT), muncul setelah berpadunya teknologi komputer, baik perangkat
keras maupun perangkat lunaknya, dan teknologi komunikasi sebagai sarana
penyebaran informasi.
Di lembaga pendidikan, siswa
mendapat pelajaran teknologi informasi dan komunikasi dengan mempelajari mata
pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dalam hal ini penyusun akan
membahas tentang Hardware dan Software Komputer.
Selain sebagai tugas serta penujang
materi, disusunnya makalah ini juga karena masih kurangnya pemahaman kami
terhadap materi-materi teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan
hardware dan software komputer. Hal ini karena masih terbatasnya perangkat
komputer di sekolah kami berada.
B. Tujuan
1. Lebih memahami tentang materi
Hardware dan Software Komputer,
2. Tidak salah dalam menggunakan
alat-alat teknologi informasi dan komunikasi
3. Dapat menambah pengetahuan dan
wawasan dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan
hardware dan software komputer bagi penyusun dan pembaca.
4. Meningkatkan kerjasama yang baik
dalam kelompok belajar,
BAB II
PEMBAHASAN
Kehidupan manusia saat ini nampaknya
sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan,
banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki
oleh masyarakat,misalnya personal data assistant (PDA), global position system
(GPS), mobile computer (desktop, laptop), mobile phone (HP), translator, dan
sebagainya.
Komputer (computer) diambil dari
computare (bhs latin) yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Kata
computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Jadi dapat disimpulkan bahwa
computer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input,
alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta
bekerja secara otomatis.
Pada proses kerjanya, komputer
memiliki 3 bagian yang tidak bisa dipisahkan yaitu hardware (perangkat keras),
software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna). Tetapi yang akan di bahas
terlebih dahulu dalam makalah ini adalah tentang Hardware dan Software
Komputer.
A.
Hardware
Hardware atau dalam bahasa Indonesia
disebut dengan istilah “perangkat keras” merupakan peralatan fisik yang dapat
dilihat dan dipegang dari komputer itu sendiri. Hardware terdiri dari :
1. Alat Masukan (input device),
berfungsi memasukkan data untuk diproses. Komputer akan memproses atau
menjalankan sebuah perintah jika sudah ada data-data yang dimasukkan atau
diinput. Alat masukan diantaranya :
- Keyboard, merupakan alat untuk
memasukkan data maupun perintah ke CPU, yang terdiri atas rangkaian huruf,
angka, dan tombol fungsi lainnya
- Mouse, merupakan
alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data
- Scanner, alat untuk memasukan data
berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital
- Joystic, alat yang digunakan untuk
game/permainan
- Touch screen (layar sentuh),
- Microphone, alat yang dapat
menginput data berupa suara
- Kamera/Webcam/Camcoder, alat yang
dapat menginput data berupa photo maupun gambar bergerak (video)
2. Alat Pengolahan/Proses (processor
device), yaitu alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah
data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan pada
alat output. Secara umum alat proses terangkum dalam central processing unit
atau CPU. Di dalam CPU alat proses dapat diurai seperti :
- Mother board (papan induk), berupa
alat yang menghubungkan alat-alat komputer lainnya seperti alat input, proses,
storage dan output.
- Processor, merupakan otak dari
sebuah perangkat komputer. Tugas processor adalah mengontrol sistem, menentukan
saat pengiriman data terjadi, menjalankan operasi aritmatik, dan melakukan
operasi logika. Kecepatan proses komputer ditentukan oleh kemampuan yang
dimiliki oleh processor tersebut.
- RAM (Random Access Memory),
merupakan memori yang dapat diakses untuk diambil isinya dan dapat diisi
kembali. RAM merupakan penyimpan data masukan, data instruksi program, data
sebelum dan sesudah diproses dan penyimpanan hasil akhir. RAM juga menentukan
kemampuan dan kecepatan proses komputer.
- ROM (Read Only Memory) atau BIOS
(basic input and output system), merupakan memori yang berisi sistem operasi
yang terdiri atas program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer.
Tetapi memori ini hanya dapat dibaca saja, programmer tidak dapat mengisi
sesuatu ke dalamnya karena ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya.
- Video Graphic Adapter (VGA) Card,
yaitu bagian dari perangkat keras yang berfungsi mengolah tampilan atau output
pada layar monitor
- Sound Card, merupakan alat yang
mengolah suara sehingga dapat didengar outputnya melalui speaker.
- Modem Modulator demodulator sering
disebut dengan modem. Yaitu bagian dari hardware yang memproses sinyal analog
menjadi digital atau sebaliknya memproses data digital menjadi sinyal analog.
Modem digunakan untuk melakukan koneksi internet,
- Power Suply, yaitu komponen
dalam cpu yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke setiap perangkat CPU
- Ploppy Drive dan CD/DVD Drive,
merupakan alat untuk mebaca dan memproses alat penyimpanan seperti disket dan
CD/DVD
3. Alat Penyimpanan (storage
device/memory), berfungsi untuk menyimpan hasil input atau hasil dari alat
masukan, seperti :
- Hardisk, adalah media penyimpan data
dengan kapasitas sangat besar
- Compac Disk (CD) dan Digital Video
Disk (DVD), merupakan media penyimpanan yang sifatnya permanen setelah diisi
data dan hanya dapat dibaca oleh CD/DVD ROM
- Disket dan Flashdisk, merupakan
media penyimpan yang sifatnya mudah dibawa dan dipindah-pindahkan.
4. Alat Keluaran (output device),
berfungsi menampilkan hasil pemrosesan data oleh komputer. Output atau keluaran
dapat berupa tampilan visual di layar monitor, suara dari speaker atau cetakan
teks atau gambar dari printer atau plotter atau tampilan video layar lebar dari
proyektor
B.
Software
Software atau disebut juga dengan
“perangkat lunak” merupakan suatu rangkaian instruksi atau perintah yang dibuat
dan dipasangkan pada suatu perangkat keras, agar perangkat keras tersebut dapat
berjalan sesuai dengan fungsinya. Software terdiri dari beberapa jenis :
1. Sistem Operasi, seperti DOS, Unix,
Linux, Novell, OS/2, Microsoft Windows, Macintos dll. Adalah software yang
berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer
sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi
maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
2. Software aplikasi atau application
software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kegiatan
sehari-hari manusia yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi
foto, multimedia atau membuat laporan keuangan. Perangkat lunak aplikasi dapat
dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Perangkat lunak pengolahan kata
(Word Processing), seperti Wordstar, Microsoft Word, Amipro, Word Perfect,
OpenOffice.Org Writer
b. Perangkat lunak pengolahan angka
(Spreadsheet), seperti Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc,
OpenOffice.Org Calc.
c. Perangkat lunak pengolahan data
(Database), seperti dBase, Fox Base, Microsoft Access, OpenOffice.Org Base
d. Perangkat lunak presentasi seperti
Microsoft Powerpoint, OpenOffice.Org Impress, dan lain sebagainya
e. Perangkat lunak multimedia seperti
pemutar audio atau video
f. Perangkat lunak komunikasi dan
internet, seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, MIRC, MSN, Yahoo
Messenger, Pidgin, Microsoft Outlook, Mozila Thunderbird, dan lain-lain
g. Perangkat lunak pengolahan gambar
seperti Adobe Photoshop, ACDse, dll
h. Perangkat lunak utilitas (Utility)
seperti antivirus, Nero, TuneUp Utility, dll
i. Perangkat lunak permainan (Games),
seperti permainan balapan, strategi, petualangan, dll.
j. Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase,
Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat
program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
· Low Level Language, bahasa
pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit
dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti
hanyalah pembuatnya saja.
· Midle Level Language, merupakan
bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati
bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak
menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari
STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam
bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
· High Level Language, merupakan
bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan
bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
C. Etika dan Moral dalam Menggunakan
Komputer
Etika adalah ajaran tentang baik dan
buruknya sesuatu.
Moral adalah aspek kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap dan prilaku seseorang.
Moral adalah aspek kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap dan prilaku seseorang.
1. Hak Cipta Perangkat Lunak
Hak cipta adalah hak eksklusif bagi
pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya
atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi perbatasan-perbatasan
menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2. Menghargai Karya Orang Lain
Penghargaan kepada karya orang lain
khususnya pembuat perangkat lunak komputer dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
- Menggunakan perangkat lunak asli,
kalaupun tidak kita harus membeli lisensi kepada perusahaan yang bersangkutan.
- Tidak menggunakan perangkat lunak
untuk kejahatan.
- Tidak membajak, menyalin atau
menggandakan tanpa seizin perusahaan.
- Tidak menyalah gunakan dalam bentuk
apapun.
-
Tidak mengubah, mengurangi atau
menambah hasil karya orang lain.
3. Undang-undang Hak Cipta
Pemerintah RI telah mengeluarkan
peraturan baru yang berupa UU No. 19 Th. 2002 tentang hak cipta. Sebelumnya
Indonesia memiliki UU No. 6 Th. 1982 tentang hak cipta sebagaimana telah diubah
dengan UU No. 7 Th. 1987 dan terakhir dengan UU No. 12 Th. 1997 yang disebut
undang-undang hak cipta dan sanksi pelanggaran undang-undang hak cipta pasal 72
ayat 2 dan 3. Undang-undang mengenai Masa Berlakunya Hak Cipta adalah Pasal 30
UU No. 19 Th. 2002 menyatakan bahwa masa berlakunya hak cipta atas ciptaan
program komputer dan data base adalah 50 tahun sejak pertama kali diumumkan.
D. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
dalam Menggunakan Komputer
1. Posisi Duduk
Pada saat duduk posisi tubuh tidak
terlalu menunduk atau mengadah. Siku membentuk 900 sehingga memudahkan
pekerjaan. Pandangan mata harus sejajar dengan monitor komputer.
2. Perkiraan Jarak Pandang Monitor
Pandangan mata dengan monitor
berjarak 46-47 cm / 0,150. Dan sebaiknya pada monitor ditambah dengan kaca
peredam (screen filter)
3. Memilih Jenis Monitor Yang Baik
Sebaiknya menggunakan jenis monitor
TFT LCD karena efek radiasi pencaran sinarnya rendah dan daya listrik yang
digunakan lebih kecil dibandinglan CRT.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah disusunya makalah ini dapat
disimpulkan bahwa :
1. Komputer merupakan alat pengolah
data yang masuk dan menghasilkan informasi sesuai dengan tujuan penggunanya
2. Seperangkat hardware komputer tidak
akan berfungsi apabila tidak dipasang software komputer, begitu juga sebaliknya
B. Saran
Bertolak dari betapa pentingnya
teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini karena perkembangannya yang
begitu pesat, penyusun memberikan saran sebagai berikut :
1. Adanya lab komputer di sekolah untuk
praktek TIK, atau paling tidak ada 2 atau 3 unit PC agar siswa bisa lebih
memahami tentang pelajaran TIK.
2. Penggunaan perangkat yang ada untuk
mendemonstrasikan atau mempraktekkan setiap materi TIK oleh guru TIK
DAFTAR PUSTAKA
Setiadi, A, Julianto., et. al, 2009.
“Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VII”, Kementrian
Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Endang, Lusi., et. al. 2009 “Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VIII”, Kementrian Negara Riset
dan Teknologi Republik Indonesia.
Purbo, W. Onno, 2009 “Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas IX”, Kementrian Negara Riset dan
Teknologi Republik Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar